Wednesday 1 May 2013

Tugas Perekonomian Indonesia ( Softskill )


MINGGU KE 2

Mantan Presiden Soeharto Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional



Penulis: | Kamis, 30 Juli 2009 | 01:34 WIB
KARANGANYAR, KOMPAS.com--Sejumlah kalangan menilai Mantan Presiden Soeharto layak menjadi pahlawan nasional Indonesia karena jasa-jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan dan negara kesatuan Republik Indonesia (RI)."Banyaknya jasa dan pengabdian kepada Indonesia menjadi pertimbangan kita untuk menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional," kata dosen Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS), Warto di Karanganyar, Rabu.
Terlepas dari sejumlah pihak yang masih mempermasalahkan sejumlah kasus hukum yang mengaitkan Soeharto, lanjutnya, fakta di dalam sejarah Bangsa Indonesia menunjukkan bahwa Soeharto memiliki jasa besar kepada Indonesia.
"Perjuangan Soeharto untuk Indonesia yang tercatat dalam buku sejarah bangsa ini, antara lain pada masa revolusi fisik antara 1945 hingga 1949, pascarevolusi fisik antara 1962 hingga 1967 dan masa kepemimpinannya sebagi presiden," katanya.
"Selama masa revolusi fisik, Soeharto berjuang melawan tentara Belanda yang ingin menjajah Indonesia lagi. Perjuangannya yang paling diingat adalah ketika merebut Yogyakarta dari Belanda pada 1949," kata Warto yang juga merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNS.
Peran Soeharto pascarevolusi fisik, lanjutnya, adalah ketika menjadi Panglima Komando Mandala yang memimpin perebutan Irian Barat dari Belanda. "Selain itu, pada masa tersebut dia juga berperan dalam menyelamatkan keutuhan Indonesia dari ancaman pemberontakan Partai Komunis Indonesia," katanya dalam Seminar Nasional "Nasionalisme Jenderal Besar TNI (Purn) HM Soeharto" di Monumen Tien Soeharto, Kabupaten Karanganyar.

"Konsep trilogy pembangunan nasional dengan menyeimbangkan stabilitas, pertumbuhan dan pemerataan yang disusun Soeharto di masa kepemimpinannya sebagai presiden juga menjadi pertimbangan dalam menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional," katanya. Warto mengatakan, pertimbangan-pertimbangan tersebut merupakan fakta yang ada padaBangsa Indonesia sehingga pengusulan Soeharto sebagi pahlawan nasional seharusnya dilakukan pemerintah.
Senada dengan itu, Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Juliatmono mengatakan, rencana pembangunan lima tahun (Repelita) yang menjadi salah satu program di masa pemerintahan Soeharto merupakan bukti jasa Soeharto kepada Indonesia.
"Saya menilai Repelita merupakan program nyata yang dapat dijadikan parameter keberhasilan pembangunan Indonesia," katanya. Melalui Repelita tersebut, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi di Indonesia rata-rata berjumlah tujuh persen setiap tahun. Menurutnya, masa pemerintahan Soeharto lebih berpihak pada kesejahteraan rakyat dibandingkan masa pemerintahan presiden-presiden lain di Indonesia. "Oleh karena itu, kami akan mengusulkan Soeharto sebagai pahlawan nasional Indonesia. Kami berharap pertimbangan-pertimbangan mengenai kelayakan Soeharto sebagai pahlawan nasional dapat disetujui Badan Pahlawan Pusat, Menteri Sosial maupun Presiden Republik Indonesia," katanya. Juliatmono mengatakan, pengusulan ini dilakukan untuk menghargai jasa-jasa yang telah diberikan Soeharto kepada negara ini.

Sumber : http://oase.kompas.com/read/2009/07/30/0134056/
Mantan.Presiden.Soeharto.Diusulkan.Jadi.Pahlawan.Nasional
Komentar- komentar
1.    Ika andani ( 23212571 )
Menurut pendapat saya, untuk menjadikan soeharto sebagai pahlawan nasional indonesia memang merupakan hal yang baik dan wajar. Karena memang pada kenyataannya selama ini  presidan  indonesia ke 2 tersebut telah menin ggalkan jasa-jasa besar dan pengabdian dalam mempertahankan negara republik indonesia ini. B anyak sekali perjuangan yang telah dilakukannya seperti pada massa revolusi fisik & pasca revolusi fisik, perebitan yogyakarta dari belanda, perebutan irian barat  untuk menyelamatkan keutuhan indonesia dari pemberontakan partai komunis nasional.
pada saat pemerintahannya soeharto sebagai presiden indonesia ke 2 ini mengabdi kepada bangsa, negara dan rakyat. Soeharto telah dipandang sebagai orang yang telah berjasa dalam mengangkat bahsa ini dari keterpurukan ekonomi pada masa orde lama melalui kekuasaan yang di genggamnya selama 31 tahun ia sempat membuat indonesia maju dan di kagumi negara-negara lain . tetapi di akhir masa pemerintahannya soeharto mema ng melakukan kesalahan, tetapi kesalahan itu tidak menghapuskan jasa-jasanya yang telah dibuat olehnya selama ini dan memang kekuasaan soeharto dalam perekonomian rakyat indonesia tumbuh dangan pesat nya. Serta dalam segi keamanan  soeharto sering bertindak tegas sehingga sehingga pada jaman kepemimpinannya tidak ada tindakan sparatis yang dilakukan oleh teroris maupun kelompok bersenjata yang mengganggu ketenangan rakyat.

2.    Irma Selvyani  ( 28212140 )
Usulan Soeharto menjadi pahlawan nasioanl merupakan suatu penghargaan bagi Pak Harto atas jasa – jasa bagi Indonesia. Selama masa pemerintahannya banyak terjadi perubahan di Indonesia khususnya dalam bidang perekonomian. Selama 31 tahun menjabat sebagai presiden RI Pak Harto membuat perubahan yang luar biasa bagi Indonesia. Bagi sebagian masyarakat di zaman Soeharto, kehidupan memang tidak sesulit sekarang. Kini, harga – harga mahal, bahkan kebutuhan pokok sungguh teramat mahal.
Namun, pada tahun 1984 Soeharto berhasil mengubah Indonesia dari negara terbesar dalam mengimpor beras, akhirnya menjadi negara berswasembada pangan. Lebih dari 3 juta ton padi dihasilkan setiap tahunnya. Bandingkan dengan sekarang yang justru defisit lebih dari 1 juta ton setiap tahun. Jadi, sudah selayaknya Soeharto dijadikan sebagai salah satu pahlawan nasional mengingat betapa besar jasanya untuk mengubah perekonomian di Indonesia.

3.    Liberti ( 24212192 )
Presiden kedua republik indonesia adalah soeharto telah banyak meninggalkan jasa-jasa dan pengbdian kepada republik indonesia ini serta mempertahan kemerdekaan . banyyak perjuangan yan g telah dilakukan oleh soeharto yaitu pada masa revolusi fisik antara tahun 1945-1949, pasca revolusi tahun 1962-1967, perjuangan melawan belanda yang menjajah indonesia di daerah-daerah seperti yogyakarta dan irian barat.
pada masa kepemimpinan beliau juga mampu memajukan pembangunan nasional dengan menyeimbangkan stabilitas, pertumbuhan & pemerataan, serta pada massa kepemimpinannya soeharto lebih berpihak kepada kesejahteraan rakyat. Iya mampu membangun dalam bidang pangan dan keamanan serta iya telah sukses dalam program kependudukan & keluarga berencana.

4.    Wiwit Tri Chahyani ( 27212761 )
Pak Harto adalah sebuah legenda. Sebuah fenomena. Sebuah potret perjalanan sejarah bangsa ini. Sejarah ketokohan, sekaligus kepemimpinan yang mampu memberikan pelajaran berharga pada kita semua. Sejarah bangsa, komplet dengan warna hitam putihnya. Bahwa, selain kelemahan dan kekurangan yang telah banyak ditulis orang terdapat pula sisi kekuatan dan kelebihan yang perlu juga ditulis dan dikemukakan. Dan ini berlaku juga dalam menyikapi Pak Harto. Sosok yang fenomenal lantaran ia punya arti penting bagi perjalanan sejarah kepemimpinan bangsa ini. Suka atau tidak, banyak jasa dan pengabdian yang telah dia berikan. Banyak hasil yang telah dicapai. Bahkan, secara faktual tak bisa diingkari bahwa orang-orang yang kini tengah memimpin dan menonjol di negeri ini adalah orang-orang Orde Baru. Orang-orang yang pernah bergerak dalam sistem dan tatanan sebuah Orde di bawah kepemimpinan Pak Harto. Masa dimana pembangunan terus menerus dilakukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. selama Pak Harto menjabat sebagai Presiden RI selama 32 tahun, banyak sekali jasa dan pengabdiannya kepada bangsa Indonesia. Sebagai anak Bangsa, tentu ada saja kekhilafan yang dilakukan Pak Harto saat memimpin lebih dari 200 juta penduduk ini.

Akan tetapi bila dibandingkan dengan jasa, pengabdian dan amal bhakti beliau kepada bangsa dan negara Indonesia tentu harus diakui pula bahwa Pak Harto sebagai Bapak Pembangunan Indonesia telah banyak memberikan hasil-hasil pembangunan yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat hingga kini, Pak Harto saat menjabat Presiden nama Indonesia harum dimata dunia Internasional, berbagai penghargaan baik didalam maupun diluar negeri diraihnya. Seperti penghargaan atas keberhasilan Pak Harto dibidang swasembada beras oleh FAO, salah satu organisasi milik Peserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain itu banyak jasa jasa lain yang dilakukan oleh pak harto saat ia menunpas G30 S/ PKI  Salah satu jasa besar Pak Harto yang tak bisa dilupakan adalah ketika ia menumpas PKI. Berawal dari kejadian G-30/S-PKI. Sebuah pemberontakan yang didalangi oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) pada tanggal 30 Sepetember 1965.

Bicara tentang Pak Harto sama halnya bhcara sejarah Indonesia. Pak Harto tak dapat dipisahkan dengan pembangunan sebab memang di era Pak Harto pembangunan dilaksanakan. Pak Harto mengedepankan pembangunan dengan dua landasan yaitu industri dan pertanian mengolah tanah sebagai sumber devisa. Beliau ingin menjadikan Indonesia sebagai negara agraris yang gemah ripah loh jinawi.mengingat semua jasa jasanya jadi pantaslah jika mantan presiden RI ke 2 itu diusulkan menjadi pahlawan Nasional


No comments:

Post a Comment